Jalan 10.000 Langkah Setiap Hari Mengurangi Resiko Diabetes

jalan-sehatBerjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap hari bisa membantu menjaga berat badan dan mengurangi resiko diabetes, menurut suatu penelitian yang dipimpin oleh Terry Dwyer, MD, direktur Murdoch Children’s Research Institute of Royal Children’s Hospital di Melbourne, Australia. Dari 592 orang dewasa Australia usia paruh baya, mereka yang melakukan kegiatan berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari selama periode lima tahun memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah, lemak perut berkurang, dan sensitivitas hormon insulin yang lebih baik dari rekan-rekan mereka yang tidak berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari selama periode waktu yang sama.

Kegiatan sehari-hari atau bergerak lebih banyak memberikan efek positif terhadap sensitivitas hormon insulin, yang merupakan sumber masalah pada orang dengan penyakit diabetes dan pradiabetes. Menurut penelitian tersebut, mereka yang berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah sehari menunjukkan peningkatan tiga kali lipat dalam sensitivitas hormon insulin dalam lima tahun, bila dibandingkan dengan peserta yang hanya berjalan sebanyak 3.000 langkah per hari. Aktivitas fisik dapat menyebabkan perubahan dalam komposisi lemak tubuh untuk menjaga berat badan, dan perubahan ini mungkin membantu mencegah atau mengobati diabetes, bahkan bisa mengurangi resiko osteoporosis atau tulang keropos di kemudian hari.

Mulailah memilih berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari dengan mengurangi perjalanan dengan kendaraan, atau berjalan pagi di sekeliling rumah sebagai bagian dari olahraga rutin anda. Berjalan pagi setiap hari juga menjamin anda mendapatkan vitamin D alamiah dari sinar matahari yang sudah terbukti banyak manfaatnya bagi kesehatan kita.

http://blog.vitanatures.com/jalan-10-000-langkah-setiap-hari-mengurangi-resiko-diabetes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s