Olahraga 15 Menit Sehari Menambah 3 Tahun Umur Anda

images (3)

Olahraga ringan selama 15 menit sehari bisa menambah tiga tahun umur hidup Anda, menurut sebuah penelitian besar di Taiwan.

Pemimpin peneliti Dr. Chi Pang Wen dari Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional Taiwan mengatakan mendedikasikan 15 menit sehari untuk olahraga ringan, seperti jalan cepat, akan menguntungkan siapa pun. Kebanyakan orang berjuang untuk berolahraga menurut pedoman standar 30 menit sehari, lima kali seminggu, dan para ahli berharap bahwa dengan mengidentifikasi waktu olahraga yang lebih sebentar, lebih banyak orang akan termotivasi untuk melakukannya.

Wen dan rekannya yang menerbitkan temuan penelitian mereka di jurnal medis The Lancet, meneliti lebih dari 416.000 orang peserta yang diikuti selama 13 tahun, menganalisis catatan kesehatan mereka dan melaporkan tingkat aktivitas fisik setiap tahunnya. Setelah memperhitungkan faktor usia, berat badan, jenis kelamin dan berbagai indikator kesehatan yang berhubungan, mereka menemukan bahwa hanya 15 menit olahraga moderat sehari meningkatkan harapan hidup sampai dengan tiga tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif berolahraga setiap hari.

Olahraga sehari-hari juga terkait dengan resiko 10% lebih rendah terserang kanker dibanding kelompok peserta yang tidak berolahraga. Bagi anda yang tidak punya waktu luang berolahraga, mulailah dengan berjalan cepat 15 menit sehari ketika makan siang ataupun jam pulang kantor. Olahraga ringan 15 menit sehari ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi umur panjang dan kesehatan kita.

Sumber: reuters.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s