Anak Bugar Cukup Olahraga 7 Menit Sehari

2010_03_03_04_54_51_bugar-d-dot-comTak hanya orang dewasa yang butuh bugar dengan olahraga, anak-anak juga sangat membutuhkan olahraga untuk menjaganya tetap fit. Bahkan secara khusus sebuah studi baru merekomendasikan agar anak-anak harus diajak berolahraga selama 7 menit setiap harinya.

Menurut studi yang dilakukan tim peneliti dari University of Manitoba, Kanada tersebut, anak-anak yang diajak berolahraga intens selama 7 menit saja setiap harinya cenderung memiliki indeks massa tubuh dan tekanan darah yang lebih rendah ketimbang rekan-rekannya yang tidak aktif berolahraga.

Kendati begitu peneliti memperingatkan bahwa jenis olahraganya haruslah intens seperti halnya jogging, bukannya latihan ringan atau sedang karena itu takkan memberikan manfaat yang sama besarnya.

Namun tak dapat dipungkiri jika anak-anak cenderung tak menggemari aktivitas fisik ini karena mereka lebih suka bermain. Secara khusus anak-anak lebih menyukai permainan yang spontan tapi sebentar-sebentar membutuhkan upaya ekstra seperti halnya bola basket atau frisbee.

“Bekerja keras dalam waktu singkat malah mendorong metabolisme anak dan membantu tubuh mereka untuk beradaptasi dengan latihan fisik agar lebih bugar,” ujar peneliti Jon McGavock, Ph.D dari Manitoba Institute for Child Health seperti dikutip dari menshealth, Selasa (13/11/2012).

Berikut beberapa contoh permainan (yang dapat diselipi latihan fisik) yang dapat dilakukan oleh orangtua dan anak secara bersamaan, yaitu:
– Bersepeda lalu ajaklah anak Anda balapan kapanpun Anda meneriakkan, ‘Ayo!’
– Berenang dan tantanglah anak Anda untuk melihat siapa yang paling banyak berenang bolak-balik dalam waktu lima menit. Lalu setelah jeda sejenak, cobalah sekali lagi
– Main sepak bola satu lawan satu
– Lakukan latihan fisik bertempo cepat seperti jumping jacks atau burpees sebanyak mungkin dalam satu menit lalu berputarlah
– Main rugby di halaman belakang
– Buatlah video menari Gangnam Style bersama anak dengan koreografi yang Anda buat sendiri
– Mainkan video game seperti Wii Tennis or Kinect Sports Boxing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s