5 Stadion Olahraga yang Unik

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga dan konser, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton. Stadion modern seringkali mempunyai atap di tribun penonton, namun ada pula stadion yang tak beratap sama sekali maupun yang malah menutupi keseluruhan stadion (stadion berbentuk kubah, dome). Meskipun masih terdapat banyak stadion yang dirancang agar penontonnya berdiri, demi alasan keselamatan ada stadion-stadion yang kini telah memasang bangku bagi seluruh penontonnya.

1. Contoh Perumahan Showground Stadium di Jepang

Osaka Stadion adalah sebuah stadion di Naniwa-ku, Osaka, Jepang. Stadion ini terutama digunakan untuk bisbol bagi klub Hawks Nankai sampai mereka pindah ke Stadion Heiwadai tahun 1988. Stadion Osaka kini ditinggalkan untuk permainan baseball dan segera dikonversi menjadi perumahan sampel showground. Stadion ini dihancurkan pada tahun 1998 dan kini telah dibangun menjadi pusat perbelanjaan.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

(Sumber:wordpress.com)

Contoh Perumahan Showground Stadium di Jepang (Sumber:wordpress.com)

2. Eco-Stadion – Stadion tanpa beton

Berikut stadion paling lucu yang pernah ada, bernama Eco-Stadion Janguito Malucelli, di Curitiba, Brasil. Menjadi terkenal karena menjadi “green stage” pertama di Brasil. Bangunan stadion ini memiliki kursi tribun yang memanfaatkan kemiringan bukit, dengan kursi-kursi diletakkan di atas bukit, tanpa menggunakan beton.Dan satu lagi, panggung utama juga disebut Eco-Stadion.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

(Sumber:wordpress.com)

Eco-Stadion – Stadion tanpa beton (Sumber:wordpress.com)

3. Stadion yang diukir dari gunung

Estádio Municipal de Braga (Braga Municipal Stadium) adalah sebuah stadion sepak bola di Braga, Portugal. Stadion yang diukir dari sebuah tambang (Monte Castro) yang menghadap kota Braga. Stadion ini memiliki sisi unik, yang hanya dipagari oleh dinding batu dari bekas tambang dan disisi lain adalah pandangan terbuka menghadap kota di kejauhan. Stadion ini dilengkapi kanopi bergaya, dan keduanya saling terhubung satu sama lain oleh puluhan senar baja. Desainnya terinspirasi oleh jembatan kuno Inca di Amerika Selatan. Biaya pembuatan stadion ini mencakup, € 83.100.000, lebih dari biaya sepuluh stadion baru yang dibangun untuk Euro 2004. Stadion ini sering dianggap sebagai salah satu stadion yang paling asli dan indah di dunia

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

(Sumber:wordpress.com)

Stadion yang diukir dari gunung (Sumber:wordpress.com)

4. Stadiun di sebelah Laut

Vesturi á Eiðinum Stadion adalah sebuah stadion multi guna di Vagur, Kepulauan Faroe. Saat ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola dan merupakan home base bagi klub VB Vagur. Stadion ini berkapasitas 3.000 orang. Cerita unik dari stadion ini, banyaknya bola yang terapung di laut, hingga seorang pria dalam sebuah kapal mengumpulkan bola-bola tersebut  yang jatuh ke laut selama pertandingan.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

(Sumber:wordpress.com)

Stadiun di sebelah Laut(Sumber:wordpress.com)

5. Stadion miring Defy

Kami tidak memiliki informasi tambahan tentang “Stadium” yang satu ini, tetapi gravitasi bukan teman terbaik bagi pemain dalam tim ini. Apakah stadion ini benar atau tidak, jika Anda memiliki informasi tentang “Stadion” ini, silakan tinggalkan pesan.(**)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s