Olah Raga Sehat Dengan Menari

Apakah Anda merasa bosan mengangkat beban, memakai alat kardio di gym, atau jogging? Apakah Anda ingin cara olah raga, yang menjaga sehat, tetapi juga menyenangkan?

Menari jawabnya!

menari

Kegiatan sosial, yang bisa dilakukan oleh segala usia, ini ternyata amat efektif dalam membakar kalori dan lemak! Tahukah Anda, dansa selama 30 menit dapat membakar 150 sampai dengan 200 kalori? WOW!

Dalam berdansa, Anda melakukan gerakan konstan dengan melatih kardio dan kekuatan dalam menjaga keseimbangan. Bagaikan latihan aerobik, menari sangat baik untuk melatih jantung dan meningkatkan kapasitas paru paru Anda..Selain itu, menari juga bisa meningkatkan fleksibilitas, menguatkan sendi dan tulang sehingga mengurangi resiko keseleo dan membantu mencegah hilangnya masa tulang akibat osteoporosis.

Selain manfaat yang nyata pada kesehatan, berdansa juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan percaya diri. Ikut dalam grup tari juga menambah teman dan pengalaman.

Banyak kan manfaatnya? Tidak sabar untuk memulai? Pilih dahulu jenis tari yang Anda sukai dan nyaman dalam menarikannya..

Ada banyak jenis tari yang bisa Anda lakukan, yang paling populer adalah:

Salsa: Gaya tari terkenal ini cenderung sensual. Gerakan tarian salsa melibatkan bergerak dari sisi ke sisi, disinkronkan dengan sisi melangkah penari masing-masing. Salsa adalah latihan yang baik karena tempo yang cepat dan dapat membakar 200 sampai dengan 400 kalori dalam 30 menit Berdansa salsa juga meningkatkan postur tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Ballroom Dancing: Dengan bergerak cepat, berputar, melempar, dan dips, dansa ballroom sekarang lebih hot dari yang sebelumnya. Dansa ballroom melatih fokus dan koordinasi tubuh Anda. Dansa ballroom melibatkan kegiatan (seperti belajar dan menghafal langkah-langkah yang rumit, berkonsentrasi pada irama musik, dan bekerja dengan pasangan Anda) yang memperkuat dan melatih otak anda. Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini menemukan bahwa melakukan dansa ballroom setidaknya dua kali seminggu dapat menurunkan kemungkinan mengembangkan demensia. Selain itu, dansa ballroom dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, postur, dan daya tahan. Tergantung pada jenis dansa ballroom yang Anda lakukan, Anda dapat membakar hingga 250-400 kalori dalam satu jam.

Hip-Hop: Ini adalah tarian yang membakar banyak kalori dan juga sangat menyenangkan. Ini adalah jenis gaya bebas menari – bergerak dapat dilakukan dalam setiap kombinasi untuk musik. Hip-hop menggunakan seluruh tubuh sehingga bagus untuk latihan secara keseluruhan. Keseimbangan adalah penting ketika Anda melakukan gerakan ini sehingga perut mendapatkan banyak latihan. Jenis tari ini membangun ketahanan dan stamina.

Line Dancing: Lagu yang paling terkenal line dancing di Indonesia mungkin adalah lagu poco – poco,tetapi sebenarnya ada banyak sekali lagu dan jenis tarian yang bisa dilakukan dengan line dancing. Line dancing adalah sekelompok orang yang menari dalam barisan – barisan dengan gerakan yang sama. Melakukan line dancing secara rutin, selain baik untuk tubuh, juga mencegah kepikunan.

Belly Dancing: Gerakan tari perut menempatkan sendi dan ligamen punggung dan pinggul dalam gerakan lembut namun berulang-ulang. Hal ini membantu dalam meningkatkan aliran cairan sinovial (pelumas alam) dalam sendi. Cairan ini membantu dalam mengurangi sakit punggung dan sendi. Tari perut menggunakan otot-otot di perut, batang, panggul, tulang belakang, dan leher, sehingga membantu dalam mengencangkan otot dan menjaga fleksibilitas. Tari perut juga melatih otot-otot yang digunakan saat melahirkan. Tari perut dapat membantu dalam membersihkan kemacetan di daerah panggul dan dengan demikian membantu dalam mengurangi pre menstrual syndrome (PMS).

Bhangra Dancing: tari India ini membuat tubuh melalui serangkaian rutinitas pelangsing. Tari dengan energi tinggi ini dapat membakar sekitar 300 sampai 350 kalori per jam dan melatih kelompok otot utama seperti paha depan, bisep, trisep, glutes dan abs. Hal ini juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

Masih banyak jenis tarian lainnya yang dapat Anda coba sesuai preferensi Anda masing – masing.

Anda bisa mulai menari dengan mengikuti kelas di gym, mengikuti kelas tari di lembaga dansa, mengikuti perkumpulan tari di dekat tempat tinggal Anda, atau melihat video latihan tari di Internet.

Pastikan Anda pemanasan dahulu sebelum mulai menari. Jangan khawatir apabila Anda tidak menguasai teknik menari dan lambat mengikuti tarian pada awalnya, ketahuilah bahwa membutuhkan waktu untuk belajar apapun tariannya. Setelah beberapa lama, Anda akan melihat sendiri perubahan pada tubuh Anda.

jadi, shall we dance?

http://www.kecantikanku.com/olah-raga-sehat-dengan-menari/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s