Olahraga Yang Dianjurkan Nabi

Amirul Mukminiin Umar Ibnul Khottob  Radhiyallohu anhu berkata,” ‘allimuu aulaadakumurimaayata was sibaahata wa rukuubal khoyli. ( Musnad Imam Ahmad Juz 1/302) .
Artinya : Ajarkanlah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda.
Perkataan di atas adalah seruan dari sang amirul mukminin untuk melakukan aktifitas tersebut dalam mendidik anak-anak kita yaitu melatihnya menggunakan senjata baik itu panah, roket,meriam maupun tank  untuk membela diri dan menjaga keutuhan bangsa lebih-lebih agamanya.
Hal ini dikarenakan pemuda adalah tiang dan penopang maju berkembangnya suatu bangsa. Jika sejak kecil kekuatan dan kesehatan mereka diperhatikan, maka kuatnya pemuda yang berimbas pada kuatnya suatu bangsa menjadi keniscayaan, namun jika kesehatan mereka diterlantarkan maka suatu bangsa akan menjadi lemah. Berolah raga dan beraktifitas merupakan sebab utama yang akan menjaga kesehatan, yaitu apabila dilakukan dengan ukuran seimbang dan sesuai ( tidak berlebihan ). Olah raga dapat menumbuhkan fisik pemuda dan mengembangkan kemampuan mereka untuk mengemban sulitnya pekerjaan. Aktifitas ini juga telah menjadikan mereka dapat mengisi kekosongan waktu dengan hal yang bermanfaat, juga menanamkan nilai-nilai luhur dalam jiwa mereka untuk berani dan maju. Nilai inilah yang akan selalu mendidik mereka untuk fastabiqul khoiroot.
Ibnu Qoyyim Al Jauziyah berkata,” Bagian organ mana saja yang banyak digerakkan maka akan kuat. Khususnya berkaitan dengan jenis olah raga tersebut, bahkan seluruh kekuatan berawal dari sini, misalnya siapa yang banyak menghapal maka akan kuat hapalannya, siapa yang banyak berfikir maka akan kuat kecerdasan pikirannnya. Setiap organ tubuh memiliki organ yang khusus. Adapun menunggang kuda memanah, bergulat dan lomba lari adalah olah raga fisik. semua itu dapat menghilangkan penyakit menahun seperti kusta, busung air, dan sakit perut. ( Zaadul Maad juz 3/ 145 ).
Berenang 
Menurut seorang ahli kesehatan, berenang adalah olahraga yang minim cedera, dan juga minim terluka. Renang memerlukan gerakan yang konstan dan terus menerus. Sebentar saja kita diam, kemungkinan kita akan tenggelam. Jadi, olahraga ini mengandung pesan bahwa setiap manusia harus terus bergerak maju dalam hidupnya untuk mencapai tujuannya.

Berenang merupakan suatu olah raga tubuh dan nafas dimana jika anda berenang maka tubuh akan selalu sehat dikarenakan:

1.Gravitasi tubuh dalam air akan lebih ringan dan disitu sangat membantu tubuh dalam menggerakkan semua bagian tubuh

2.Berenang dapat melatih paru – paru anda dan denyut jantung karena anda sewaktu berenang akan terjadi pola menahan nafas tetapi tubuh anda bergerak dan disitu oksigen dimanfaatkan betul – betul dalam organ otak dan paru – paru dan dapat membantu menjaga kesehatan paru – paru anda dan dapat dibuat sebagai terapi asma Karena bronkus atau cabang pipa yang menuju paru-paru dilatih dengan lembut dengan posisi mengambil nafas lalu bergerak lalu membuang nafas dengan cepat dan segera mengambil lagi oksigen dan seterusnya

3.Tulang , otot tidak mendapat beban sama sekali dan justru posisi otot yang tidak pas akan kembali pas karena diposisikan bergerak tanpa tumpuan , dan juga pada tulang anda akan semakin baik karena tulang anda ikut dilatih bergerak tetapi tanpa tumpuan dan itu bisa dibuat terapi bagi penderita dengan banyak gangguan seperti rematik , HNP ,Urat kecepit, sering linu-linu pada persendian dan banyak lainnya

4.Air dapat dibuat suatu terapi Hidroterapi untuk melatih ketenangan jiwa anda dalam air karena merasakan sentuhan dengan air yang dingin maupun hangat dapat melatih lebih rileks bagi anda
5.Olahraga renang biarpun keliatan santai tetapi dapat membantu membakar kalori anda dengan lebih cepat dan membuang lemak yang berlebihan pada semua bagian tubuh anda yang bila terdapat banyak lemak dan dapat dibuat untuk menurunkan berat badan anda secara maksimal tanpa beresiko dan tubuh anda selain turun berat badan juga keliatan lebih tegap dank arena semua bagian lemak yang berlebih dibantu untuk dibakar dengan gerakan semua bagian tubuh sewaktu berenang

Memanah
Olahraga ini membutuhkan konsentrasi tinggi. Pada zaman Nabi, seringkali terjadi peperangan. Maka dari itu, olahraga ini juga seringkali menjadi latihan untuk daya konsentrasi dan ketangkasan. Hal yang dapat diambil dari olahraga memanah adalah kemampuan untuk fokus. Dalam hidup, diperlukan tujuan dan fokus yang terarah. Dengan merenungi hakikat memanah, kita akan sadar bahwa dalam menjalani hidup ini haruslah terarah, fokus, dan tepat sasaran.
Berkuda 
 Berkuda merupakan salah satu olaharga yang menyehatkan. Nabi menyarankan kita berkuda, karena ada pesan yang terkandung di dalamnya. Kuda adalah hewan yang bernafsu besar. Sangat sulit bagi seorang penunggang yang baru belajar berkuda untuk menaklukan kudanya. Diperlukan kesabaran dan juga kekonsistenan dalam latihan. Jika kita berkuda, seolah-olah kita sedang mengendarainafus yang tak terkendalikan. Adalah tugas manusia untuk mengendalikan nafsu dalam kehidupannya, agar hidupnya menjadi baik dan terkontrol. Pengendalian, ketangkasan, kesabaran, adalah pelajaran yang bisa kita peroleh dari berkuda.
Sedikit sejarah pada zaman Nabi:

Olah raga berkuda, memanah, dan berenang, selain memerlukan kekuatan fisik,  juga membutuhkan intelektualitas yang tinggi. Pada zaman kejayaan Islam,  pasca-Nabi Muhammad Saw (antara tahun 750-1924), kekuatan para prajurit Islam  benar-benar tertumpu pada keahlian berkuda, memanah, dan berenang.

Ketika menaklukkan Mesopotamia (Irak) dan Persia (Iran), pasukan Muslim terdiri  dari para penunggang kuda yang piawai. Mereka juga harus mampu berenang  mengarungi sungai-sungai Tigris dan Eufrat, serta menembus sasaran dengan panah (cikal bakal pasukan kavaleri dan artileri sekarang).

Begitu pula dengan pasukan Turki Ustmani di bawah Sultan Muhammad Al Fath.  Ketika merebut Konstatinopel pada abad 14, harus terlebih dulu berenang mengarungi Selat Bospurus (karena laju kapal dihadang oleh armada Romawi Byzantium di sepanjang pantai), baru naik kuda untuk mengobrak-abrik pasukan musuh dengan serangan panah bertubi-tubi.

disalin : kodokteranislam & kaskus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s