Olahraga Catur “?”

big-2560_640Kesehatan itu merupakan hal yang sangat penting, karena itu kita wajib menjaganya. Menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi lengkap serta menghindari stress merupakan cara terbaik yang dapat kita lakukan. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Jogging, Sepak Bola, Bola Voli, Bola Basket, Tenis, Bulutangkis dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh dari sekian banyak cabang olahraga yang memang sangat melatih otot-otot serta membakar lemak-lemak yang merugikan. Tapi bagaimana dengan catur? Mengapa catur seringkali disisipkan dalam kegiatan Pekan Olahraga Sekolah atau kegiatan berbau olahraga lainnya? Apakah catur layak untuk dikategorikan sebagai satu cabang olahraga?

Dilihat dari arti katanya, olahraga berasal dari kata olah dan raga. Olah sendiri bisa diartikan sebagai suatu bentuk proses untuk menghasilkan sesuatu, sedangkan raga berarti fisik. Jadi, mungkin bisa kita simpulkan bahwa definisi dari olahraga adalah suatu bentuk aktifitas yang bertujuan untuk melatih kemampuan dan ketahanan fisik. Lalu akan muncul kembali pertanyaan “Apakah catur termasuk dalam olahraga?. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa “olahraga” catur ini tidak mengharuskan pemainnya untuk aktif bergerak menggerakkan seluruh bagian tubuhnya. Dan akan menjadi hal yang sangat luar biasa jika ada pecatur yang aktif bergerak saat bermain catur, hal itu bisa jadi merupakan tontonan seru bagi mata-mata yang melihatnya. Dan hal itu bisa jadi merupakan olahraga yang efektif bagi para penonton untuk melatih otot perutnya dan membakar semua lemak yang tertimbun disana.
Apakah bidak –bidak dalam permainan catur melatih otot bicep dan tricep kita? Apakah bidak – bidak catur tersebut memiliki beban yang cukup berat untuk menstimulasi perkembangan otot kita? Apakah, apakah, apakah dan apakahlah yang akan terus menjadi kata pembuka dalam kalimat yang mempertanyakan kelayakan catur untuk dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga. Mungkin dengan pemahaman kita yang dangkal tentang arti dari olahraga, catur bisa dikategorikan sebagai olahraga hanya apabila dalam “olahraga” ini, para pemain diharuskan untuk mengangkat barbel dengan tangan kirinya sementara tangan kanan dengan luwes memindahkan bidak-bidak tersebut menuju “tempat terbaiknya”. Atau mungkin, dengan cara para pemain harus berlari satu putaran lapangan sepak bola setelah ia memindahkan satu bidak caturnya. Setelah hal itu dilakukan, barulah logika kita bisa membenarkan bahwa catur adalah sebuah cabang olahraga.
Definisi olahraga sebagai suatu bentuk aktifitas yang bertujuan untuk melatih kemampuan dan ketahanan fisik memang tidak dapat disalahkan. Karena memang, hampir seluruh olahraga seakan-akan memiliki definisi seperti itu. Tapi definisi kebanyakan orang ini tidak dapat dibenarkan begitu saja, karena intisari dari olahraga sendiri bukan hanya untuk melatih ketahanan dan kemampuan fisik saja. Berdasarkan sumber http://www.topskor.co.id/, olahraga adalah “suatu bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal”. Selain itu masih dari sumber yang sama, definisi olahraga menurut Menpora Maladi adalah “Olahraga mencakup segala kegiatan manusia yang ditujukan untuk melaksanakan misi hidupnya dan cita-cita hidupnya, cita-cita nasional politik, sosial, ekonomi, kultural dan sebagainya”.
Dengan definisi olahraga sebagai suatu bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal, apakah catur layak dikategorikan sebagai cabang olahraga? Saya rasa kebanyakan dari kita akan menjawab Ya… Karena catur memang melatih kemampuan berfikir kita untuk memecahkan suatu masalah, mengatur strategi, ketelitian, kehati-hatian dan sportivitas kita tentunya yang akan membantu kita untuk memperoleh relevansi kemenangan serta prestasi optimal. Sebagai kesimpulannya, memang benar adanya bahwa catur adalah salah satu cabang olahraga. Dan akan lebih tepat jadinya, apabila kita kategorikan catur sebagai “olahraga otak”. Jadi, mari kita maksimalkan kesehatan kita dengan menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan kesehatan pikiran kita

http://blogof-iza.blogspot.com/2010/01/olahraga-catur.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s